Apa itu Liveaboard? Liveaboard Terbaik di Indonesia

Banyak penyelam tidak tahu apa itu liveaboard atau percaya bahwa itu terlalu sulit atau hanya untuk penyelam ahli. Beberapa penyelam hanya melakukan perjalanan lokal sehari, lebih memilih untuk kembali ke hotel pada malam hari. Liveaboard memungkinkan Anda menyelam di lokasi yang lebih terpencil dan seringkali lebih baik, dan menghabiskan malam Anda dekat dengan alam, di laut sambil memandangi bintang-bintang jauh dari keramaian. Anda akan menemukan kabin yang nyaman dan ber-AC, makanan yang lezat dan berlimpah, dan Anda akan mengenal beberapa penyelam yang memiliki pengalaman yang sama. “Menyelam, Makan, dan Tidur” adalah frasa yang tepat untuk kehidupan liveaboard. Seringkali ada kesempatan untuk mengunjungi pulau tanpa menyelam; namun, kami sangat menyarankan Anda untuk kembali ke air setelah menyelam untuk menikmati snorkeling terbaik yang pernah Anda lakukan. Saat menyelam, Anda mungkin tidak menyadari biota laut seperti penyu dan moray di perairan dangkal.

Siapa yang dapat bergabung dalam Liveaboard?


Liveaboards membawa berbagai jenis penyelam dan latar belakang. Kepulauan Similan di Thailand cocok untuk semua penyelam, meskipun liveaboard ke Burma atau Komodo hanya disarankan untuk penyelam dengan lebih banyak pengalaman. Sebaiknya Anda mendapatkan sertifikasi lanjutan jika Anda seorang penyelam perairan terbuka PADI karena semua kapal menyediakannya. Tur empat hari biasanya akan memberi Anda hingga empat belas kali penyelaman, termasuk satu kali penyelaman malam. Ini mungkin tampak seperti banyak menyelam, tetapi interval permukaan Anda panjang dan Anda akan menikmati pelayaran liveaboard yang menenangkan. Kecuali Anda lebih suka menyelam bersama teman atau kelompok, semua penyelaman dilakukan dengan instruktur atau master selam. Beberapa tempat penyelaman sulit untuk ditemukan, jadi biasanya lebih baik menggunakan pengetahuan dan pengalaman pemandu Anda. Kelompok penyelam kecil, dengan hanya 4 atau 5 penyelam per ahli selam, memastikan Anda tidak akan merasa sesak dan pemandu selam Anda akan menjaga Anda jika Anda penyelam yang kurang berpengalaman.
Salah satu keunggulan penyelaman liveaboard adalah Anda bangun di pagi hari, minum kopi, mendengarkan instruksi untuk menyelam, dan kemudian mulai menyelam! Pada penyelaman sehari penuh, biasanya Anda melakukan penyelaman pertama sebelum sarapan, penyelaman kedua sebelum makan siang, dan penyelaman ketiga sebelum makan malam, yang kemudian dikenal sebagai penyelaman sore atau malam. Anda akan menemukan diri Anda di perahu dengan orang lain yang juga menyukai menyelam, memiliki kru yang menjaga perlengkapan menyelam Anda, suasana yang tenang, dan makanan yang cukup penyelam yang lapar harus diberi makan! Anda akan ingin melakukan lebih banyak lagi jika Anda belum pernah melakukan liveaboard sebelumnya! Di sela-sela penyelaman, ada peluang untuk pergi ke pantai, pulau, dan sudut pandang di banyak tempat.
Liveaboard adalah cara menyelam yang ideal untuk semua orang. Kami menawarkan liveaboard di Indonesia, khususnya Raja Ampat Liveaboard dan Komodo Liveaboard. Ini adalah cara terbaik untuk menjelajahi pulau-pulau terpencil di sekitar Komodo atau Raja Ampat di Indonesia, dan ini adalah satu-satunya cara menyelam di Myanmar. Anda bisa menyelam bersama La Galigo Liveaboard yang merupakan kapal Liveaboard terbaik di Indonesia